Jumat, 17 Desember 2010

Kiat Sukses dalam Berwirausaha...

Anda ingin sukses berwirausaha? Banyak caranya dan gampang dilakukan. Namun, banyak para praktisi wirausaha yang masih bingung kenapa usaha yang dilakukan belum berhasil juga. Belum bisa mencapai sesuatu sesuai dengan target yang direncanakan sebelumnya saat memutuskan untuk menjadi wirausaha.

Adapun kiat sukses dalam berwira usaha diantaranya sebagai berikut:

1. Tentukan Ide Bisnis Anda

Inilah langkah awal yang mesti Anda temukan. Bagaimana mungkin bisa sukses berwirausaha kalau ide bisnis ada tak punya. Memang penyakit para wirausaha sebenarnya bukan kekurangan ide, tapi kebanyakan ide. Sayang kadang saking terlalu banyaknya ide tak satupun yang di jalankan. Makanya, temukan ide bisnis Anda. Satu saja dan segera jalankan sekarang juga.

2. Bentuk Tim Solid

Kalau sudah, bentuk tim Anda. Dalam bisnis, Anda tak bisa sendirian. Bisa pecah kepala Anda memikirkan bisnis sendiri, yang biasanya benar-benar menguras pikiran.

Adanya teman atau tim bisa menjadi tim sharing atau berbagi tentang bisnis Anda tersebut. Tim ini, walau mungkin hanya berjumlah 1-5 orang, yang penting adalah solid alias terjalin komunikasi yang baik antar sesama tim. Ini kuncinya.

3. Fokus Sampai Berhasil

Jangan tergoda dulu dengan hasil yang dicapai orang. Jangan lakukan bisnis hanya sekedar ikut-ikutan dan ikut trend saja. Fokuslah pada bisnis Anda. Termasuk jangan beralih kepada bisnis lain sebelum bisnis yang dijalankan menemukan kesuksesan.

Ini yang perlu terus diingat. Kadang, wirausaha sering mengambil jalan macam-macam dan tidak fokus. Hari ini jualan sembako, besoknya jualan baju, esoknya lagi jadi makelar jual beli tanah. Yakin bahwa usaha yang demikian tak akan berhasil. Untuk itu, fokus-fokus-fokus sampai berhasil. Inilah jalan menuju keberhasilan bisnis sesuai dengan yang selalu Anda inginkan.


4. Gunakan Promosi Online

Era sekarang adalah eranya komunikasi digital. Anda bisa memanfaatkan media tersebut untuk promosi bisnis barang dan jasa Anda. Taruhlah Anda gunakan dua media seperti facebook dan twitter.

Cobalah akrab dengan kedua media tersebut. Pelan-pelan perkenalkan produk barang dan jasa Anda melalui media itu. Tentu saja, dengan gaya komunikasi yang bersahabat, tidak memaksakan diri dan terus menerus berpromosi. Tapi cobalah dekat dengan mereka, dengarkan kebutuhan dan keinginan mereka. Kalau sudah, pelan-pelan tawarkan produk barang dan bisnis Anda.

5. Buat Sistem Waralaba

Salah satu strategi bisnis berkembang adalah dengan sistem waralaba. Dengan sistem ini, Anda dapat membuka cabang bisnis Anda di berbagai tempat. Yang paling penting dalam strategi ini adalah buat standar dan prosedur baku sistem waralaba itu.

Misalnya, berapa modal yang harus dikeluarkan orang untuk bisa ikut membuka cabang atau gerai, bagaimana bahan bakunya, berapa rata-rata keuntungannya sebulan, bagaimana manajemen SDM nya dan lain lain. Semakin banyak cabang di buka dan berhasil yakinlah semakin Anda akan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak lagi.

Demikianlah beberapa kiat sukses dalam berwirausaha yang mungkin untuk diterapkan dalam kehidupan nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar